Selasa, 07 Februari 2012

10 Musisi Hebat ini Terganggu Pendengarannya

Gangguan pendengaran atau bahkan tuli bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja, dari kalangan profesi apa saja. Namun gangguan organ tubuh ini sangat dihindari oleh para musisi karena dianggap dapat mengganggu kreatifitas ataupun mengakhiri karir mereka. Beruntung bagi para musisi yang menyadarinya, namun bagi mereka yang sudah terlanjur apa boleh buat. Berikut adalah 10 musisi yang menderita gangguan pendengaran:


1. Brian Wilson
Sebagaimana banyak musisi yang kehilangan fungsi normal pendengaran akibat besarnya tingkat suara yang mereka dengarkan, lain halnya dengan Wilson yang memang telah kehilangan pendengaran di telinga kanannya sejak kecil. Meskipun demikian ia mampu membuat sebuah album terbaik sepanjang masa bersama The Beach Boy, Pet Sound. Sehingga banyak kalangan yang memuji kemampuannya itu, bahkan Bob Dylan memujinya habis-habisan, “Jesus, look at that ear. He should donate it to the Smithsonian” (Yesus, lihatlah telinganya. Sudah seharusnya ia sumbangkan ke Museum Smithsonian).


2. Jeff Beck
Ia adalah salah satu musisi dunia yang memiliki karakteristik sound  gitar kuat dan unik. Pengaruhnya bahkan meluas hingga ke berbagai  jenis musik dunia, heavy metal, elektronika, dan progresif rock. Majalah musik dunia, Rolling Stone, menempatkanya di urutan ke 14 sebagai gitaris terbaik sepanjang masa. Namun berita tidak menyenangkan datang dan menyatakan bahwa Jeff sekarang menderita tinitus, sebuah gangguan pendengaran, yang menyebabkan adanya suara dengung di telinga.



















3. Eric Clapton
Eric adalah sebuah legenda gitar dan salah saeorang  musisi blues kulit putih terbaik dunia. Sebanyak tiga kali ia masuk ke dalam Rock N Roll Hall of Fame. Ia memiliki kemampuan gitar yang luar biasa. The Yardbirds, Cream, dan Derek and The Dominos, merupakan band-band yang dimotorinya dan disambut baik oleh publik musik rock khususnya. Ia pernah terjerumus ke dalam lembah obat-obatan terlarang.



4. Pete Townshend
Ia adalah salah satu gitaris rock yang dalam setiap performa panggungnya sangat sensasional, membantingkan  gitar, merusak ampli, dan speaker yang ada di sekitarnya. Sebuah kultur panggung yang sangat jarang ditampilkan di era akhir 60 hingga awal 70 an. Ia pula yang pertama memperkenalkan komposisi sebuah opera rock. Ia bersama the Who menciptakan lagu rock terbaik sepanjang masa seperti “My Generation,” “Won’t Get Fooled Again,” dan “Pinball Wizard.”  Namun akibat kebiasaan dan perilaku bermusiknya, ia kemudian menderita gangguan pendengaran.


5. Ludwig van Beethoven
Tentu ini bukan rahasia lagi, tentu semua  orang  mengetahuinya, seorang komposer dengan gangguan telinga yang hampir mendekati pada ketulian selama karirnya dan dinyatakan tuli total pada 1814. Namun demikian ia tetap meneruskan dan membuat komposisi musik klasik tanpa harus terganggu ketuliannya tersebut. Banyak sejarawan dan kritikus musik memperdebatkan dan mencari tahu penyebab ketuliannya. Namun ketulian seorang Beethoven adalah sebuah misteri, dan karyanya adalah sumbangan tak ternilai bagi sejarah musik dunia.


















6. Neil Young
Salah seorang penulis lagu dan musisi terbaik sepanjang masa, Neil Young telah banyak meninggalkan warisan dan monumen di dalam sejarah musik dunia, dua kali ia terpilih masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Ia telah meluncurkan lebih dari 30 album unik dan banyak kontribusi lainnya yang tidak terhitung. Namun demikian ia kemudian menderita radang tinitus, sebuah gangguan pendengaran yang banyak dialami oleh musisi rock. Telinganya senantiasa seperti mendengung, namun tidak sampai membuatnya tuli total.


7. Ozzy Osbourne
Seseorang yang dianggap sebagai pionir vokalis metal dalam sejarah musik rock dunia, Ozzy adalah salah seorang musisi yang meraih kesuksesan hingga masa tuanya bahkan setelah keluar dari Black Sabbath, sebuah band asal Inggris yang membesarkan namanya. Namun perjalanan karirnya tersebut menyebabkan dia harus menderita gangguan pendengaran yang cukup signifikan.



















8. Phil Collins
Dengan deretan raihan penghargaan mulai dari Oscar, Grammy, dan Golden Globe, Phil Collins bukanlah musisi biasa, ia tentu sangat istimewa. Ia adalah salah seorang (drummer) pendiri band Genesis, sebuah band yang juga dibesarkan oleh Peter Gabriel. Phil keluar dari Genesis dan melakukan solo karir hingga meraih banyak penghargaan. Namun tahun ini, ia menyatakan untuk pensiun dari tur menyanyinya, akibat kondisi pendengaran yang semakin menurun.



















9. George Martin
Ia memang memiliki masalah pendengaran namun dia juga dikenal sebagai manajer band hebat asal Inggris, the Beatles. Meskipun ia bukanlah seorang pemain musik yang aktif latihan ataupun tur musik rock, namun karena aktivitasnya berhubungan dengan musik menyebabkan ia pensiun dari profesinya sebagai produser. Ia pernah bekerja sama salah satu yang cukup langgeng adalah dengan Elton john.

















10. Will.i.am
Dia dikenal sebagai salah satu anggota the Black Eyed Peas, juga sebagai produser dari penyanyi terkenal dunia seperti Rihanna, Michael Jackson, dan Britney Spears. Beberapa album yang diluncurkannya seperti Monkey Business dan Elephunk, meraih kesuksesan di pasar musik dunia. Berdasarkan keterangannya (will. i am), setiap keadaan hening selalu diinterupsi oleh dengung yang menyakitkan, yang membuatnya bisa seharian menciptakan sebuah lagu. (**)




0 komentar:

Posting Komentar